Kamis, 08 April 2010

MAKALAH : PENDAPATAN NASIONAL

KATA PENGANTAR
    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dengan memanjatkan puji syukur ke hadiratAllah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada tim penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul:
“PENDAPATAN NASIONAL”
    Saya menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Allah SWT dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.
    Tim penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, saya telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, tim penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini.
    Saya berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.
    Walaikumsalam Wr. Wb.
Takengon, 1 maret 2010


 Penulis              


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
 A.LATAR BELAKANG
 B.PERUMUSAN MASALAH
 C.TUJUAN PENELITIAN
 D.MANFAAT PENELITIAN
BAB II LANDASAN TEORI
BAB III METODELOGI PENELITIAN
 A.METODE PENGUMPULAN DATA
 B.TEKNIK ANALISIS DATA
 C.METODE PENELITIAN
BAB IV HASIL PENELITIAN
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
 A.KESIMPULAN
 B.SARAN
DAFTAR PUSTAKA

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
   Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya satu tahun.
Arus pembayaran atas faktor produksi oleh sektor perusahaan, pemerintah, ataupun luar negeri merupakan pendapatan bagi parapemilik faktor produksi. Setiap orang akan memperoleh pendapatan karena membantu proses produksi.
   Untuk lebih lengkapnya, akan dijelaskan dalam makalah ini.
B. RUMUSAN MASALAH
  1. Bagaimana konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN ?
  2. Bagaimnana perhitungan pendapatan nasional dengan metode pendapatan, produksi, dan pengeluaran ?
  3. Bagaimana perbandingan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain ?
  4. Apa saja manfaat perhitungan pendapatan nasional ?
C. TUJUAN PENELITIAN
  1. Mengetahui konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN
  2. Mengetahui perhitungan pendapatan nasional dengan metode pendapatan, produksi, dan pengeluaran
  3. Mengetahui perbandingan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain
  4. Mengetahui manfaat perhitungan pendapatan nasional
D. MANFAAT PENELITIAN
   Hasil dari penulisan makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak, semoga dengan adanya makalah ini kita menjadi lebih tahu bagaimanakah pendapatan nasional, terutama di negara kita, negara Indonesia. Dengan demikian secara tidak langsung kita telah tahu perkembangan ekonomi di negara kita.

BAB II LANDASAN TEORI

   Konsep pendapatan nasional pertama kali dicetuskan oleh Sir William Petty di Inggris yang berusaha menafsir pendapatan nasional negaranya (Inggris) pada tahun1665, dalam perhitungannya, ia menggunakan anggapan bahwa pendapatan nasional merupakan penjaminan biaya hidup (konsumsi) selama 1 tahun. namun, pendapat tersebut tidak disepakati oleh para ahli ekonomi modern, sebab menurut pandangan ilmu ekonomi modern, konsumsi bukanlah satu-satunya unsur dalam perhitungan pendapatan nasional. Menurut mereka, alat utama sebagai mengukur kegiatan perekonomian adalah produk nasional bruto (PNB) atau gross national product (GNP), yaitun seluruh jumlah barang dan jasa yang dihasilkan tiap tahun oleh negara yang bersangkutan diukur menurut harga pesar suatu negara. 

BAB III METODE PENELITIAN

A. METODE PENGUMPULAN DATA
    Pada proses pengumpulan data, saya menggunakan penekatan kualitatif yaitu proses pengumpulan data dengan menggunakan alat indra bukan menggunakan angka. Dengan cara melihat, mendengar, dan membicarakan informasi dari sumbernya kita akan mendapatkan informasi yang cukup.

B. TEKNIK ANALISIS DATA
   Cara saya dalam menganalisis data yang pertama dengan memastikan bahwa semua data dan landasan teori yang diperlukan telah diperoleh dengan baik. Lalu saya mulai menghitung jumlah data, setelah itu saya mengklasifikasikan informasi yang saya dapat dari sumber. Langkah berikutnya sesuai dengan jenis penelitian kami, kami menghubungkan data-data yang satu dengan yang lainnya danjuga dengan landasan teori yang ada. Langkah terakhir menuangkannya ke dalam makalah ini.

C. METODE PENELITIAN
   Pada penelitian ini saya menggunakan metode library research yaitu tinjauan melalui media buku, internet, dan media lainnya. Adapun sumber informasi yang membantu saya adalah buku bilingual pada bidang study ekonomi, alamat web : id.wikipedia.com, dan alamat web lainnya. Tidak lupa pula dari saudara-saudara saya yang mengembangkan makalah ini.

BAB IV HASIL PENELITIAN

KONSEP PDB, PDRB, PNB, & PN
KONSEP PENDAPATAN NASIONAL
PDB/GDP (Produk Domestik Bruto/Gross Domestik Product)
   Produk Domestik Bruto adalah jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu Negara selama satu tahun. Dalam perhitungannya, termasuk juga hasil produksi dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan/orang asing yang beroperasi diwilayah yang bersangkutan
PNB/GNP (Produk Nasional Bruto/Gross Nasional Product)
PNB adalah seluruh nilai produk barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat suatu Negara dalam periode tertentu, biasanya satu tahun, termasuk didalamnya barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat Negara tersebut yang berada di luar negeri.
Rumus
GNP = GDP – Produk netto terhadap luar negeri
NNP (Net National Product)
NNP adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat dalam periode tertentu, setelah dikurangi penyusutan (depresiasi) dan barang pengganti modal.
Rumus :
NNP = GNP – Penyusutan

NNI (Net National Income)
NNI adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima oleh masyarakat setelah dikurangi pajak tidak langsung (indirect tax)
Rumus :
NNI = NNP – Pajak tidak langsung
PI (Personal Income)
PI adalah jumlah seluruh penerimaan yang diterima masyarakat yang benar-benar sampai ke tangan masyarakat setelah dikurangi oleh laba ditahan, iuran asuransi, iuran jaminan social, pajak perseorangan dan ditambah dengan transfer payment.
Rumus :
PI = (NNI + transfer payment) – (Laba ditahan + Iuran asuransi + Iuran jaminan social + Pajak perseorangan )
DI (Disposible Income)
DI adalah pendapatan yang diterima masyarakat yang sudah siap dibelanjakan oleh penerimanya.
Rumus :
DI = PI – Pajak langsung
PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL DENGAN METODE PENDAPATAN, PRODUKSI, DAN PENGELUARAN
PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL
Perhitungan Pendapatan Nasional
1. Metode Produksi
Pendapatan nasional merupakan penjumlahan dari seluruh nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh sector ekonomi masyarakat dalam periode tertentu
Y = [(Q1 X P1) + (Q2 X P2) + (Qn X Pn) ……]

2 komentar:

Muhammad Rihzki Al-Fajri mengatakan...

makasih banyak,

refenrensi buat tugas saya ,,,

azuharu mengatakan...

makasih, saya dapat informasi bermanfaat