Kamis, 08 April 2010

MAKALAH : PENCEMARAN BUDAYA

PENCEMARAN BUDAYA

DISUSUN OLEH
NAMA :
ADE RIZKI FITRA
DIAN PUTRA MANDA
ERI SETIAWAN
ILHAM IWAN PRALA
KELAS : X 5
PELAJARAN : BIOLOGI

R-SMA-BI UNGGUL MODEL 4 TAKENGON

KATA PENGANTAR

   Assalamualaikum Wr. Wb.
   Dengan memanjatkan puji syukur ke hadiratAllah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada tim penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul:
“PENCEMARAN BUDAYA”
   kami menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Allah SWT dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.
   Tim penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, kami telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, tim penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini.
kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.
   Walaikumsalam Wr. Wb.
Takengon, 22 maret 2010


Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………1
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………2
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………3
A. LATAR BELAKANG……………………………………………………….……3
B. PERUMUSAN MASALAH…………………………………………………4
C. TUJUAN PENELITIAN………………………………………………….…4
D. MANFAAT PENELITIAN…………………………………………………4
BAB II METODELOGI PENELITIAN………………………………………......5
A. METODE PENGUMPULAN DATA……………………………….…5
B. TEKNIK ANALISIS DATA……………………………………………..…5
C. METODE PENELITIAN………………………………………………………6
BAB III HASIL PENELITIAN……………………………………………………….7
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN…………………………………………..9
A. KESIMPULAN……………………………………………………………………9
B. SARAN…………………………………………………………………………………9
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………10

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

   Kalau dipikir-pikir, orang-orang yang bergerak dalam bidang konservasi budaya, yang berupaya mempertahankan bangunan-bangunan lama yang dianggap bersejarah, keajaiban-keajaiban dunia masa lampau, budaya masa lampau, hal-hal yang berbau tradisional, kuno dan sejenisnya adalah orang-orang yang kurang fair pada perkembangan jaman dan juga kurang fair pada generasi berikutnya beserta budaya yang dianut atau dibawanya.
   Keajaiban dunia dipatok cuman ada 7 macam di dunia ini, padahal keajaiban-keajaiban lain di jaman yang sedang berlangsung ini bermunculan di berbagai belahan dunia dengan teknologi yang lebih canggih. Orang-orang yang sudah meninggalkan budaya lama nenek moyangnya dibilang sudah lupa pada kebudayaannya, sudah kebarat-baratan (atau ketimur-timuran), tidak menghargai budaya sendiri, dll. Padahal, budaya selalu berkembang dan berubah terhadap waktu di seluruh belahan bumi ini.
Selanjutnya, timbul wacana bahwa telah terjadi kepunahan budaya lokal, telah terjadi infiltrasi budaya, dan lain-lain. Akibatnya, dianggarkanlah uang yang begitu besar untuk menggelar program konservasi, pembentukan cagar budaya, dan segala macam program tetek bengek yang bertemakan pelestarian budaya. Didengungkan pula propaganda bahwa orang yang tidak mencintai budaya masa lalu adalah orang-orang yang tidak menghargai sejarah, tidak menghargai seni adiluhung, dan tidak berbudaya tinggi.


B. RUMUSAN MASALAH

1. Apa yang dimaksud dengan pencemaran budaya ?
2. Apa akibat dari pencemaran budaya ?
3. Bagaimana cara mengatasi pencemaran budaya ?

C. TUJUAN PENELITIAN

1. Mengetahui yang dimaksud dengan pencemaran budaya ?
2. Mengetahui akibat dari pencemaran budaya ?
3. Mengetahui cara mengatasi pencemaran budaya ?

D. MANFAAT PENELITIAN

   Hasil dari penulisan makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak, semoga dengan adanya makalah ini kita tahu bagaimana effect samping yang akan terjadi jika pencemaran budaya ini terjadi terus menerus, bangsa kita akan terperosok ke dalam lubang yang dalam seperti bangsa-bangsa yang lain.

BAB II METODE PENELITIAN

A. METODE PENGUMPULAN DATA

   Pada proses pengumpulan data, kami menggunakan penekatan kualitatif yaitu proses pengumpulan data dengan menggunakan alat indra bukan menggunakan angka. Dengan cara melihat, mendengar, dan membicarakan informasi dari sumbernya kita akan mendapatkan informasi yang cukup.

B. TEKNIK ANALISIS DATA

   Cara kami dalam menganalisis data yang pertama dengan memastikan bahwa semua data yang diperlukan telah diperoleh dengan baik. Lalu kami mulai menghitung jumlah data, setelah itu kami mengklasifikasikan informasi yang kami dapat dari sumber. Langkah berikutnya sesuai dengan jenis penelitian kami, kami menghubungkan data-data yang satu dengan yang lainnya danjuga dengan landasan teori yang ada. Langkah terakhir menuangkannya ke dalam makalah ini.


C. METODE PENELITIAN

   Pada penelitian ini kami menggunakan metode library research yaitu tinjauan melalui media buku, internet, dan media lainnya. Adapun sumber informasi yang membantu kami adalah buku bilingual pada bidang study ekonomi, alamat web : id.wikipedia.com, dan alamat web lainnya. Tidak lupa pula dari teman-teman kami yang mengembangkan makalah ini.


BAB III HASIL PENELITIAN

PENGERTIAN PENCEMARAN BUDAYA

   Pencemaran budaya adalah masuk atau keluarnya budaya suatu daerah dengan dempak-dampak tertentu.
Dengan demikian, dampaknya ada yang positif dan ada yang negatif. Misalnya, positif : masuknya ilmu-ilmu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, berkembangnya suatu penemuan sampai ke negara lain. Negatif : masuknya budaya asing ke dalam daeah yang bersyariat islam kuat seperti di Aceh.

AKIBAT PENCEMARAN BUDAYA

   Negara-negara berkembang, seperti Indonesia selalu khawatir akan tertinggal dalam arus globalisai dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, termasuk kesenian kita.
Kesenian tradisional bukannya berkembang dan lestari, namun justru semakin dijauhi masyarakat. Wayang orang dan ludruk merupakan contoh kecil dari mulai terdepaknya kesenian tradisional akibat pencemaran budaya.
   Masyarakat tidak tertarik lagi menikmati berbagai seni pertunjukan tradisional yang sebelumnya akrab dengan kehidupan mereka.
   Dengan datangnya perubahan sosial yang hadir sebagai akibat proses industrialisasi dan sistem ekonomi pasar, dan globalisasi informasi, maka kesenian kita pun mulai bergeser ke arah kesenian yang berdimensi komersial. Kesenian-kesenian yang bersifat ritual mulai tersingkir dan kehilangan fungsinya.
Para pemakai media massa mengetahui apa yang terjadi di tempat lain dengan budaya yang berbeda dalam waktu yang singkat.

CARA MENGATISI PENCEMARAN BAUDAYA

   Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM ) bagi para seniman rakyat.
   Mengembalikan peran aparat pemerintah sebagai pengayom dan pelindung, dan bukan sebaliknya justru menghancurkannya demi kekuasaan dan pembangunan yang berorientasi pada dana-dana proyek atau dana-dana untuk pembangunan dalam bidang ekonomi saja.


BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

A. KESIMPULAN

   Pencemaran budaya adalah masuk atau keluarnya budaya suatu daerah dengan dempak-dampak tertentu.
Akibat :
1. Negara-negara berkembang selalu khawatir akan tertinggal.
2. Kesenian tradisional lama-lama akan musnah
3. dsb
Cara mengatasi :
1. Meningkatkan SDM
2. Meningkatkan kualitas pemerintah sebagai pelindung bangsa

B. SARAN

Sebaiknya pemerintah mengurangi pengaruh buruk dari luar
Menindaklanjuti pendatang dari luar yang membawa pengaruh buruk dari negaranya

DAFTAR PUSTAKA
- www.id.wikipedia.com
- www.Google.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

greetings bto-anak-fourta.blogspot.com admin found your blog via yahoo but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found website which offer to dramatically increase traffic to your website http://mass-backlinks.com they claim they managed to get close to 4000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my blog. Hope this helps :) They offer best services to increase website traffic at this website http://mass-backlinks.com